Manfaat Daun Pare Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Pare Bagi Kesehatan, Mengobati Batuk, Daya Tahan Tubuh.

Daun Pare

 Ternyata daun pare yang sering kita pandang sebelah mata terdapat zat-zat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Dari berbagai khasiat dan manfaat daun pare sebagai obat, saya akan mengambil salah satu manfaatnya yaitu sebagai obat yang dapat lenyapkan batuk. Cara dan pengolahan yang saya tuturkan sangat sederhana dan dapat dilakukan siapa saja.

  Berikut beberapa cara dan bahan dari daun pare untuk menyembuhkan batuk:

1. Ambilah daun pare segar sebanyak 5 lembar, dicuci bersih dan tumbuk atau digiling hingga halus, beri air matang 1 cangkir dan sedikit garam dapur. Lalu peras dan saring. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore hari.

2. Ambilah daun pare sebanyak 5 lembar, daun jinten sebanyak 1 mangkuk, cuci bersih. Kemudian potong kecil-kecil. Rebuslah bahan tersebut dengan air sebanyak 2 gelas sampai benar- benar mendidih. Biarkan sampai dingin. Diminum 3 kali sehari bagi orang dewasa dengan 1/2 gelas makan dalam satu kali minum. Sedangkan untuk anak-anak 1 kali minum 2 sendok makan, lakukan 3 kali sehari.

3. Siapkan daun pare 10 gram, daun waru 5 gram, belimbing 10 gram, garam dapur 1 gram. Cara membuatnya yaitu semua bahan dihancurkan jadi satu kemudian direbus dengan air sebanyak 2 gelas kemudian disaring. Diminum 3 kali sehari.

4. Ambilah daun pare sebanyak 7 lembar, daun sirih 8 lembar, gula batu 2 sendok, dan jeruk nipis 1 buah. Cara membuatnya yaitu daun pare, daun sirih dan gula batu direbus dengan 2 gelas air dan biarkan hingga tinggal 1 gelas. Setelah itu belah jeruk nipis dan perasannya dimasukan ke dalam rebusan sirih dan gula. Diminum sedikit-sedikit beberapa kali sampai habis dalam sehari.

Demikian manfaat dan khasiat daun pare bagi kesehatan,

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar